Informasi Kegiatan RBC


Saat ini anak-anak (usia TK hingga SMA) kampung Cigentur yang mengikuti kegiatan di RBC berjumlah 60 orang anak. Akan terus bertambah jika tersedia tempat dan sarana yang memadai. Kegiatan mengaji dimulai ba'da (setelah) Maghrib, dilanjutkan bimbingan belajar pelajaran sekolah, berbagi cerita/pengalaman dan aktivitas lainnya yang menambah ilmu. Pada bulan Ramadhan ini, kegiatan dimulai ba'da dzuhur hingga menjelang waktu berbuka tiba (sambil ngabuburit)

Untuk usia SMP dan SMA saat ini, kegiatan belajar masih kurang kondusif dikarenakan beberapa hal yang belum terpenuhi, seperti tempat, guru sukarelawan dan perangkat belajarnya. Sebagai gantinya, mereka diperbantukan mengajar ngaji secara bergilir kepada adik-adiknya. Direncanakan juga, mereka akan mengadakan kegiatan outbond secara berkala dan kegiatan positif lainnya. Hal ini dimaksudkan agar waktu luang mereka dimanfaatkan maksimal untuk kegiatan-kegiatan positif, sehingga diharapkan jauh dari kegiatan mubadzir atau pergaulan bebas.

Disamping membimbing anak-anak, kami juga merencanakan kegiatan untuk orang tuanya. Seperti, keterampilan menjahit dan kuliner. Sehingga diharapkan bisa membantu perekonomian keluarganya.

Seluruh kegiatan ini atas dasar sukarela dan kepedulian terhadap sesama, terutama pendidikan anak-anak dan kegiatan perekonomian warga. Selama mengikuti kegiatan belajar dan kegiatan RBC lainnya, anak-anak tidak dipungut biaya. Begitupun dengan para guru ngaji dengan sukarela mengajar/membimbing, tanpa digaji.

Namun, kami juga berharap semoga para guru ngaji mendapatkan insentif melalui dana infaq dari masyarakat luas. Atapun, wakaf kendaraan guna memperlancar dan mempermudah kegiatan mengajarnya. Aamiin


Informasi wakaf pembangunan RBC dapat dilihat disini
Wakaf perangkat belajar dapat dilihat disini
Wakaf kendaraan bagi para pengajar dapat dilihat disini